Pesona Wisata Air Terjun Batu Dinding di Tanjung Belit, Kampar Kiri Hulu


Febri2024/05/17 10:54
フォロー

Objek wisata

Pesona Wisata Air Terjun Batu Dinding di Tanjung Belit, Kampar Kiri Hulu

Salah satu desa yang berada di dekat objek wisata Tembok Batu ini bernama Tanjung belit. Desa sederhana di tepian Sungai Subayar ini merupakan rumah bagi warganya yang selalu menaati adat dan tata krama. Bersikap baik kepada diri sendiri, alam, dan semua orang yang ikut dalam perjalanan.

Selain alamnya yang indah, wisatawan menjadi salah satu daya tarik desa ini. Namanya Air Terjun Batu Dinding. Air terjun bertingkat ini terletak di kawasan ceruk hutan dan dapat diakses oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Pintu masuk Desa Tanjung Belit melalui Desa Lipatkai, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Dari Kota Pekanbaru, Riau Post menuju Desa Lipat Kain di Kabupaten Kampar lalu masuk ke Desa Tanjung Belit.

Disebut Air Terjun Batu Dinding karena airnya mengalir di antara bebatuan di Kampar. Penopang membentuk dinding di sekeliling pemandangan. Lumut tumbuh subur di atasnya.

Air terjun ini sering disebut Bading. Lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga. Butuh tenaga ekstra untuk melihat panorama tersembunyi yang melekat di alam.

Ukuran air terjunnya tidak terlalu tinggi, warnanya terkesan kehijauan. Udaranya basah dan dingin. Pepohonan yang tinggi meninggalkan kesan misterius. Pastinya banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini.

Di tengah perjalanan kita bisa melihat pemandangan pemukiman penduduk, deretan perkebunan kelapa sawit, gerombolan kerbau yang melintas di jalan.

Menuju objek wisata Air Terjun Batu dinding kini tidak sesulit dulu. Saat ini hanya membayar tiket masuk Rp 10.000 per orang, perbukitan bisa dilalui dengan sepeda motor dan mobil, dan kondisi jalan yang penuh bebatuan memudahkan masyarakat untuk mendaki ke puncak.

Ketika sampai di puncak tempat parkir sepeda motor terakhir, pengunjung membayar biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000.

Setelahnya, pengunjung dapat menikmati sekitar 15 menit tracking menyusuri tepian air terjun yang dipenuhi bebatuan dan jalan setapak yang dibuat oleh warga sekitar untuk memudahkan perjalanan pengunjung.

Suara gemericik air mengikuti pengunjung hingga tiba. Mandi dan berenang menghilangkan kepenatan selama perjalanan. Setelahnya, pengunjung bisa berenang di kolam air terjun, bermain di bawah air terjun, bersantai di pinggir air terjun, dan berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah.

Pesona Objek Wisata Air Terjun Batu Dinding

1. Air Terjun 7 Tingkat

Air Terjun Batu dinding pada dasarnya memiliki tujuh tingkat. Setiap tingkat menciptakan aliran air di antara celah-celah batu. Dilengkapi juga dengan kolam alami yang sangat jernih dan berwarna hijau. Ketujuh tingkat tersebut dipisahkan oleh perbukitan yang tajam dan terjal. Butuh usaha keras untuk melewati itu semua.

2.Mitos tentang Penjaga dan Manfaat Air Terjun

Tidak benar, ada juga kabar yang menyebutkan bahwa berenang di air terjun Batu Tembok bisa membuat seseorang awet muda. Tentu saja mitos sulit dibuktikan. Namun benar atau tidaknya, cukup menarik untuk disimak.

3.Panorama Khas Pulau Sumatera

Kita akan disuguhkan panorama menawan khas Pulau Sumatera. Pepohonan rindang memenuhi sisi jalan. Deretan kebun sawit dan persawahan sukses menghasilkan kesegaran. Semua nuansa hijau bisa menenangkan Anda.

Banyak hewan liar dalam perjalanan menuju air terjun. Kawanan monyet, spesies burung, dan bahkan semut raksasa. Gua tak jarang ditemukan saat mendaki bukit.

シェア - Pesona Wisata Air Terjun Batu Dinding di Tanjung Belit, Kampar Kiri Hulu

Febriさんをフォローして最新の投稿をチェックしよう!

フォロー

0 件のコメント

この投稿にコメントしよう!

この投稿にはまだコメントがありません。
ぜひあなたの声を聞かせてください。